Perbedaan Denim Jeans dan Katun Jeans

Penamaan denim sendiri aslinya berasal dari Nimes, Perancis, yakni “serge de Nimes" yang berarti campuran wol dan sutra. Sebagai material pakaian, denim salah satu jenis bahan padat yang sulit dijahit. Sehingga membutuhkan jarum yang lebih tebal dan benang tipis untuk menjahitnya. Karakteristik inilah yang membuat denim jadi bahan komersil. Selain itu, denim adalah bahan yang dapat didaur ulang. Sedangkan bahan katun karakteristiknya lebih versatile. Sebab, tidak hanya sebagai material pembuatan denim, tapi juga khaki, flannel hingga polyester. Katun pun jadi bahan yang sangat penting di industri tekstil. Jenis katun pun dapat diwarnai dengan berbagai warna, bahkan bisa pula di-bleaching.


Karena bahan katun sangat fungsional dan fleksibel, tidak berlaku dengan bahan denim. Denim hanya dapat dibuat menjadi pakaian dan tas, sementara bahan katun bisa dibuat dalam berbagai produk, seperti tirai, sprei ranjang, tenda dan lainnya. Sifat bahan katun pun ringan, lembut dan mempunyai sirkulasi udara yang baik, sehingga sempurna untuk menyerap keringat. Jika dibandingkan dengan denim, katun sangat mudah dijahit dan dicuci. Sehingga, celana bahan katun akan lebih mudah diproduksi, bahkan siapa pun bisa membuatnya di rumah.


Nah dari penjelasan di atas, anda pasti sudah paham perbedaan denim jeans dan katun jeans, adalah;


1. Denim dan katun jeans adalah dua tipe bahan celana. Jeans biasanya dibuat dari bahan denim serta bahan lainnya. Namun, bahan denim adalah campuran dari katun jeans. Artinya, bahan katun adalah sebagai bahan dasar pembuatan kain denim.

2. Denim jeans biasanya berwarna biru atau indigo, sementara katun jeans warnanya lebih bervariasi.

Denim jeans bahannya lebih padat dan agak susah dicuci dan dibuat. Berbeda dengan katun jeans yang lebih mudah dicuci.

3. Denim jeans bisa membuat kulit terasa gerah karena sifatnya yang tebal, sedangkan katun jeans terasa lebih ringan.

4. Denim jeans adalah produksi pabrikan atau komersil. Sementara katun jeans dalam menjadi produksi rumahan dan komersil.


Kini anda sudah tidak bingung lagi dong di mana letak perbedaan denim jeans dan katun jeans?


Sumber : info Fashion Pushka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Look of "Griya Bin Nawawi"

The second look of "Griya Bin Nawawi"